Bendera Merah Putih

 

Tadi sore saya naik motor menuju desa Banjar Barat Kecamatan Gapura kabupaten Sumenep Jawa Timur, sambil lalu saya berpikir bahwa sekarang bulan Agustus, bulan sejarah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan dengan bendera warna merah dan putih.

Saya iseng menghitung jumlah bendera yang berkibar di rumah tepi jalan. Dari desa Gapura Timur sampai Banjar Barat ada 15 rumah yang mengibarkan bendera merah putih. 7 desa hanya 15 rumah yang mengibarkan bendera, ini yang membuat saya berpikir, pertama mungkin mereka tidak membeli bendera, kedua tidak ada hubungan emosional dengan bendera, ketiga karena memang tidak paham sejarah bendera, ke empat bendera bukan jaminan cinta tanah air.

Tapi dalam hati saya berharap semoga semarah bendera yang berjumlah 15 itu menjadi pemicu, bagi saya penting mengibarkan bendera, minimal bagi anak kecil dibawa umur untuk memperkenalkan warna, sebelum anak kecil itu tahu warna lain selain warna merah dan putih.

Saya di rumah pun mengibarkan itu untuk memperkenalkan pada anak saya yang baru berumur 3 tahun. Pagi-pagi Saya gendong anak saya itu untuk mengibarkan bendera merah dan putih. Anak saya langsung bertanya “apa bapak” sambil menunjuk arah benderah, saya pun menjawab datar, “bendera” jawabku, “bendera apa bapak” lanjut anak saya bertanya, “bendera Indonesia” jawa saya, anak saya pun lalu diam.

 

 

Gapura Timur, 10 Agustus 2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Kegelisahan di Bulan Kemerdekaan

SADAR, MENYADARI, KESADARAN

Matinya Pertanian di Negara Petani