Di Perjalanan Ini

Diperjalanan ini
Aku menemukan banyak kata
Banyak suka, banyak bahagia, dan banyak-banyak

Semua terlewati dengan rasa
Dengan bahasa yang terlahir
Bersamaan dalam langkah kaki
Langkah jiwa dan langkah-langkah

Kini aku tak lupa juga melukai Tuhan
Kata-kata itu melukai luka
Yang tak terbahasakan penyair
Lalu, siapakah yang mewakili aku
Menyampaikan luka-luka itu
Sehingga kesenangan semesta
Tertata rapi dalam hidupku

Kebahagiaan itu, kini harus dipertanyakan pada Tuhan
Karena kebingungan masih membelenggu jalanku
Berpikir sudah, berdo’a pun sudah
Lantas apa lagi yang Engkau inginkan dari aku
Sehingga jalan ini tak terlihat jelas

Tiap hari aku berdialog dengan bulan
Membicarakan kebahagiaan kita
Kadang bulan itu menangis, karena kebingungan
Memilih kebahagiaan

Jogja, 2009

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Kegelisahan di Bulan Kemerdekaan

Matinya Pertanian di Negara Petani

Celurit, Simbol Filsafat Madura