Mengapa Engkau Berbohong

Mengapa engkau berbohong?
Katanya engkau akan memakmurkan negeri ini
Membersihkan dari kotoran-kotoran anjing
Membersihkan dari penghianat
Dari maling-maling dan dari keringat-keringat palsu

Mengapa engkau berbohong?
Sebentar, anakku
Karena sekarang yang menjadi pemimpin bukan aku
Tapi orang-orang serakah
Tunggu kalau nanti aku menjadi pemimpin

Apa yang diinginkan menjadi pemimpin
Pengabdian
Bagiku pengabdian terhadap kata-kata
Adalah bentuk utama dalam negara

Kata-kata bukanlah kata-kata, tapi rakyat
Negara ini bukanlah negera, tapi rakyat
Rakyat itu suci
Berasal dari sesuatu yang suci
Menuju kesucian

Mengapa engkau berbohong?
Kalau aku berbohong, itu untuk diri sendiri
Tapi kalau aku terpaksa berbohong, itu untuk orang banyak
Sungguh luar biasa kata-kata pemimpin
Walau dia menjadi maling republik
Tapi dia masih mampu menelan ombak

Mengapa engkau berbohong?
aku harus berbohong, karena semua disini bohong
orang bohong, semua bohong,
negara bohong, rakyat bohong,
kata-kata bohong,

lalu, siapa yang tidak bohong?


Yogyakarta, 2010

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Kegelisahan di Bulan Kemerdekaan

Matinya Pertanian di Negara Petani

Celurit, Simbol Filsafat Madura