Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2010

Perjalanan Spiritualitas Puisi

Oleh: Matroni el-Moezany* Penyair adalah orang yang mampu menciptakan atau melahirkan puisi. Cerpenis adalah orang yang mampu menciptakan cerpen. Novelis adalah orang yang mampu menciptakan novel. Esais adalah orang yang mampu melahirkan banyak esai. Seniman adalah orang yang mampu menciptakan seni. Dan begitu seterusnya dalam dunia sastra.   Sebenarnya penulis hanya ingin fokus saja menulis spiritualitas dalam puisi, agar pembaca tidak bingung, siapa dan bagaimana sebenarnya sastra. Banyak wacana yang bergelimang mengatakan bahwa puisi merupakan karya yang sangat rumit dan sulit dipahami, selintas itu memang benar, tapi apakah kebenaran itu tidak boleh untuk dipertanyakan kembali? Tentunya boleh. Kecuali kebenaran itu sendiri.     Bahkan dalam satu diskusi ada teman saya mengatakan bahwa puisi tidak memiliki makna dan fungsi apa-apa. Apakah memang benar begitu. Kalau pun benar, mungkin orang itu belum pernah merasakan berjalan dan “tidur bersama” bahkan hidup bersama dalam puisi. Se

Spiritualitas Dalam Seni

Oleh: Matroni el-Moezany* Akhir-akhir ini kita sudah mulai menemukan karya seni yang menampilkan unsur spiritualitas, seperti Pameran bertajuk Zero to Zero menggambarkan transformasi spiritual di Galeri Nasional, Jakarta, 17 Oktober 2010 karya Andi Suandi. Ini awal dari perjalanan seni untuk mencari kediriannya, dalam menjalani hidup. Perjalanan yang penuh haluan dan warna membuat Andi mampu menskplorasikan imajinasinya dalam bentuk lukisan “transendental” yang kemudian membuat kita sadar bahwa perjalanan itu memang penuh keberagaman, jadi di sini kita di tuntut untuk jujur pada diri sendiri dan orang lain. Kejujuran boleh kita sampaikan lewat kata-kata, lukisan, puisi, dan cerpen atau karya sastra yang lain, karena untuk mengeksplorasikan kejujuran tak membutuhkan biaya atau gratis. Tapi yang rumit melaksanakan kejujuran itu sendiri. From Zero to Zero adalah sebuah konsep sederhana dalam proses kehidupan manusia. Dari ada menjadi tiada. Dari lahir, tua, lalu mati kembali pada sang pe

Puisi dan Relasi Realitas

Oleh: Matroni el-Moezany* Bagi puisi, kenyataan selalu sudah menampilkan dirinya dalam kata-kata. Realitas adalah semata-mata soal modus pengucapan dan materi. Maka, ketimbang mencari ketelanjangan sebuah rahasia, puisi mengerahkan tenaganya untuk menelusuri modus pengucapan baru. Puisi tidak melentingkan kita ke tanah tak berjejak. Ia tak berpeluh-peluh mengejar kebenaran sejati. Ia tidak melakukan penyingkapan apa pun. Yang ia kejar semata-mata kosakata baru dari realitas itu sendiri. Refleksi atas puisi adalah awal keberlanjutan. Karena dengan merefleksikan realitas kita akan menemukan banyak wajah yang tertuang dalam puisi dan mampu mempengaruhi pembaca.   Gaya penyajian puisi yang singkat dan padat misalnya, sangat berguna. Gaya singkat dan padat sebuah puisi mampu memberi sentuhan estetis yang luar biasa terhadap realitas. Karena bentuk tulisan tidak menentukan kepenyairan. Karena penulis prosa pun bisa melahirkan penyair. Persentuhan puisi dengan realitas ditentukan oleh roh y

Bowi Ayu, Bowi Bersama

Oleh: Matroni el-Moezany* Suasana harap dan persiapan untuk berangkat di Candirejo, tapi setelah kami masik mobil, tiba-tiba perempuan dalam mobil menangis, entahlah? Rony awalnya tak mengerti, setelah aku lihat sendiri, Bowi tertabrak motor. Suasana shok dan airmata mengalir dari mata perempuan di dalam mobil, karena tak kuasa menahan melihat Bowi yang mengeluarkan darah merah pekat, gerak-gerak mengeluarkan nafas terakhir, sementara teriakan tangis semakin keras.   Ayu yang memiliki air mata yang tampak banyak membanjiri pipi dan mobil, tapi maz Hasta membujuk dengan suara lembut, menenangkan. “sudah-sudah, ga apa-apa, sudah ga apa-apa” “Di kubur ya maz, di bungkus kain putih, kasih bunga, jangan lupa ya mas kasih di bungkus beri kain putih” Ayu meminta dengan suara serak setengah sampai dan airmata membanjiri pipinya. Kami bertuju pun berangkat ke Candirejo, naik mobil bersama. Airmata dan kata-kata di tengah perjalanan mengisi kepergian Bowi. Ayu perempuan yang paling sering meng

Walau Aku Bukan Mereka

Di waktu lelah Mataku tak kuat untuk lelap, tapi Pikiran selalu mencari aktivitas Naik ke cakrawala Melihat bintang dan bulan Walau aku bukan mereka   Rasa pun bersuara menjadi puisi Berlinang Menangisi hidup yang tak hidup Kuberi sedikit sinar Bintang yang suram di sana Walau tanganku tak sampai, tapi Mataku masih memiliki tangan Yang mampu menyentuhnya Sebentar lalu kulepas Ia pun terbang dengan sinar terang penuh lekuk Sampailah di batas waktu yang dijanjikan tuhan 23 Desember 2010 

Para Korban Bencana Merapi

Para korban di pengungsian Yang kalah dalam melangkah Yang di derah oleh kesedihan Jangan biarkan dia sendiri Waktu membawa kabar tentang mereka Nasib mereka menempel di tangan semesta Mereka berbaris di cakrawala Mengandung harapan buah kehidupan Para korban, para pendosa Pola gelap, lahar dan pasir di jalan Tak bisa aku usaikan Bila engkau biarkan mereka Di ruang rasa engkau di buru banyang-bayang Lelapmu penuh kata-kata Dan bahasa mereka akan sukar engkau eja Jangan sangka mereka itu kaya Karena korban merapi juga berkembang, seperti Negara Jangan anggap dirimu kaya Bila tetanggamu masih menderita Indonesia mestinya di bangunkan Dan perlu di keberanian Agar permintaan mereka tidak perlu formal Orang-orang menjadi korban dalam tidur malammu tak nyenyak Perempuan menyuapi putra-putr inya . Tangan-tangan kotor seperti rumah-rumah meraba-raba dari jendelamu Jumlah mereka tak bisa engkau nilai dari nol Mereka akan menjadi segala korban dari kepentinganmu senyum mereka te

Sajak-Sajak: Matroni el-Moezany

Bukan Ini dan Itu Dari gerak ayun Bergoyang api yang menyala Dengan kata tajam Diri yang hampa tanda Cakrawala kosong hakikat keterulangan, Sementara semesta  kata terus diciptakan Dari sumber api yang membentuk cakrawala Meskipun satu keberadaan Yang membentuk gelombang Bagi garis-garis pengertian tak memberikan imaji apapun Bukan ini dan itu yang berlalu pelan-pelan Keselaluan memberikan bisik senja Untuk membuka lembaran baru Walau tak sebesar harapan waktu Bisik hari tak terlukis sistematis Oleh kekinian yang tak menyapa Sementara semangat masa terus menggumpal Menjadi darah yang tak bisa luka Kehampaan yang meluka Terus menelaah di haluan kesementaraan Membaca arah angin di pohon akasia Sedang aku duduk sendiri menjadi luka Karena menertawakan kehidupan yang penuh bara Di ruang lain ada banyak diskusi Membahas bagaimana seharusnya Karena ini dan itu adalah kita seutuhnya Sampai detik ini aku belum menemukan ruang baru Untuk menyimpan tubuh berdarah Kekinian memang peny